Google Ungkap Kerja Paksa dengan Satelit di Korut



Kabar Kito - Liputan6.com, Pyongyang : Sisi kelam Korea Utara, negeri paling tertutup dan mengisolasi diri dari dunia serta negara yang sedang diawasi gerak gerik perkembangan senjata nuklir, dikuak oleh Google Earth. Berkat applikasi ini, kedok jaringan kamp kerja paksa rahasia di sana diungkap dengan teknologi satelit milik google.
Google Earth memang sejak lama digunakan aktivis hak asasi manusia untuk menyibak tabir kamp kerja paksa di Korut, di mana lebih dari 200.000 orang ditahan di dalamnya.

Organisasi HAM, Amnesty Internasional, yang dilarang keras masuk ke negeri komunis itu mengatakan, para tahanan kamp harus memasuki kondisi yang nyaris tak masuk akal untuk bertahan hidup. Di mana kelaparan, penyakit, dan eksekusi marak terjadi

"Tahanan kamp bahkan terpaksa makan tikus atau makan biji jagung dari kotoran hewan untuk bertahan hidup. Sekitar 40 persen tahanan tewas akibat kurang gizi," kata juru bicara Amnesty, Neil Durkin pada Daily Mail.

Selama bertahun-tahun, pemerintah Korut berusaha keras membantah keberadaan kamp-kamp tersebut. "Jadi, jika pemetaan satelit komersial berhasil mengungkapnya, itu bisa jadi amunisi yang meningkatkan tekanan pada Korut untuk menutupnya."

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama