Mengganti Template atau Tema Blog /blogspot dengan Mudah


Cara mengganti template blogger, inilah satu hal yang mungkin dipertanyakan oleh blogger pemula, sudah pasti para blogger ingin tampilan blognya lebih keren dan profesional dari pada blog yang tampilannya berantakan, loadingnya berat ataupun tidak ramah sama sekali kepada pengunjung, ada juga yang tampilan blognya disesuaikan dengan kesukaannya contohnya template naruto dan lain-lain.


Kenapa ganti template..? mungkin ini yang terjadi pada anda yaitu bosan dengan yang itu-itu aja, pingin template yg lengkap misalnya saja anda ingin template yang mempunyai menu horizantal, menu breadcrumbs, dll sedangkan anda tidak paham dengan edit HTML, dan ada juga karna templatenya rusak karna kesalahan pemasangan widget,gadget dan kesalahan ketika mengedit HTML.


Template seperti apa yang baik dan cocok untuk blog kita ? yaitu template yang anda pilih menurut pilihan anda sendiri dan yang pas dengan hati anda baik itu melalui saran dari teman blogger yang laen ataupun tidak, karna andalah yang tau karakter blog anda.


Kegiatan mengganti template / tema Blogger ini dapat menghilangkan segala perubahan yang telah anda lakukan pada blog anda. Misalkan sebelumnya anda pernah memasangkan meta tag pada blog anda, meta tag tersebut akan hilang setelah anda mengganti template blog anda. Jadi, sebaiknya pertimbangkan baik – baik. Atau anda juga dapat membuat cadangan dari template / tema Blogger anda.
  1. Sebelumnya, siapkan sebuah tema / template yang akan anda gunakan sebagai pengganti. Biasanya, pada blogger, tema yang digunakan memiliki format *.XML. Anda dapat mendownload atau mencari template yang anda inginkan di beberapa situs dibawah ini : 
Mau seperti template / tema di atas klik disini atau disini


Bagaimaina cara mengganti template ?
1. download tema di atas. extrak template di atas dengan winrar atau 7zip dll
2.  Login ke Blogger, kemudian pilih blog yang template (tema) -nya akan anda ganti.
3. Kemudian, pada panel sebelah kiri, pilih Template

4. Padagambar dibawah klik Template, 




5.  klik tombol Cadangkan / Pulihkan (yang terletak disebelah tombol berlambang roda gigi).
6. Selanjutnya, klik tombol Browse / telusur yang terletak dibawah tombol Unduh Template Lengkap.




7.   Maka akan keluar window File Upload. Carilah file template / tema yang telah anda siapkan sebelumnya (dengan format *.XML),  lalu klik Open. Dan terakhir klik Unggah. 
8.   Maka template / tema blogger anda akan diganti sesuai dengan template baru yang anda inginkan. 
9.   Jika anda ingin mengembalikan template / tema Blogger anda ke tema sebelumnya, cukup upload template yang telah anda download tadi (saat proses Unduh Template Lengkap)


Selamat mencoba! Jangan ragu untuk menggunakan kotak komentar dibawah ini!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama