Prosesor Kuat Perfoma Cepat IPAD by Apel Terbaru

Siapa yang bakal menyangka kemunculan iPad generasi keempat secepat ini. Bahkan diluncurkan berbarengan dengan iPad Mini. Padahal biasanya pada peluncuran produk Apple kita harus menunggu paling tidak sekitar 12 bulan setelah generasi sebelumnya diluncurkan. Apa saja upgrade dilakukan Apple pada generasi keempat ini?

Desain

Dari desain dan bentukan iPad generasi keempat masih sama dengan New iPad (alias iPad 3). Baik dari sisi ukuran, bentuk, bahkan sudut-sudut yang kita temukan di iPad ini. Dibuat dengan bahan yang eksklusif, unibodi dengan bagian metal pada bagian belakang, dan layar antigores di bagian depan.

Masih menggunakan layar seluas 9.7 inchi dan area margin yang cukup lebar pada frame. Dari tepi iPad ke tepi layar aktif ada sekitar 16-21 mm bagian bingkai.

Perbedaan utama yang terletak pada lubang konektor data/daya yang sudah menggunakan konektor lightning seperti pada iPhone 5 dan iPad mini. Oleh karenanya mungkin Anda akan kesulitan mencari aksesoris pihak ketiga yang mendukung koneksi ini. Tapi ada cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan konverter secara terpisah, dari lightning ke pin 30 (pin tradisional iPad/iPhone sebelum lightning).

Layar

Sama dengan generasi ketiga pada iPad generasi terbarunya ini juga menggunakan layar retina display dengan resolusi 2048 x 1536 pixel (264 ppi). Layar ini tentu saja di atas resolusi HD dan dipercaya sebagai resolusi maksimal yang bisa dintepretasikan oleh retina manusia normal dalam bentangan 9.7 inchi.

Jika pada test iPad generasi ketiga Kabar Kito sempat menyinggung tentang overheat. Di iPad generasi ke empat ini tidak lagi mudah panas seperti sebelumnya. Panas yang dirasakan pun masih diambang normal karena kinerja hardware, bukan semata-mata dari layar.

Kami merasa ada penurunan kualiatas kecerahan layar iPad 4 dibanding iPad 3. Dalam setingan kecerehan yang sama, iPad 3 tampil lebih cemerlang, sementara iPad 4 memberikan efek teduh kebiruan. Mungkin ini merupakan langkah perbaikan yang dilakukan oleh Apple terhadap layar panas milik iPad 3.

Software
Tidak ada perubahan mendasar dari sisi system operasi iOS yang digunakan. Kabar yang terbaru adalah ribuan aplikasi yang sudah disaring dengan ketat sehingga mengurangi kemungkinan masuknya trojan dan virus, sistem pembayaran online yang aman serta dukungan dari developer yang terus melakukan updating software terhadap perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Apple.

Melalui iTunes store Anda bisa mendownload musik-musik lokal dan manca negara secara legal, serta menyewa film HD hanya sekitar 20 ribuan dan membelinya di harga 120-an ribu Rupiah, langsung dari iPad.

Di iPad generasi keempat ini sudah membawa sejumlah software bawaan dari iOS 6, semisal SIRI dan Apple Map, masih bisa ditemukan di sini. Sama seperti di perangkat lain, aplikasi ini punya kelebihan dan kekurangan sendiri. SIRI, meskipun sudah jauh lebih pintar dari setahun yang lalu, tapi manfaatnya masih menjadi pertanyaan, khususnya bagi mereka yang berbahasa ibu bukan bahasa Inggris.

Ada juga Apple Map yang sebenarnya di Indonesia, Apple Map atau Google Map sama-sama tidak bisa diandalkan 100 %. Masih kalah jauh dari Nokia Map yang memang sudah banyak berinvestasi di sisi pemetaan daerah-daerah di Indonesia secara khusus.

Hardware
Perubahan yang paling terasa di iPad 4 ini adalah chipset prosesornya. Dibandingkan iPad 3 Chipsetnya memiliki kekuatan 2x lebih hebat. Dengan Chipset A6x sebagai chipset generasi anyar dipercaya memiliki kinerja grafis 2 kali lipat dari A5x yang digunakan di iPad 3.
Kabar Kito merasakan perbedaan ini pada awal booting yang jauh lebih cepat, tidak hanya itu saat bermain game bergrafis besar semisal GTA III, Blood and Glory dan Lost Wind, iPad 4 mampu bekerja dengan memuaskan. Chipset anyar ini pun diklaim mampu mengurangi pemakain daya sehingga baterai bisa tahan lebih lama.



Untuk meyakinkan Anda, seperti biasa, Kabar Kito pun melakukan benchmarking dengan menggunakan aplikasi GeekBench 2. Dan berikut adalah hasilnya.

Internet dan Konektivitas
Sama seperti pada iPad generasi ke tiga, di versi ini juga diluncurkan dengan dua varian, yaitu Versi Wifi dan Wifi dan LTE. Dan kebetulan yang kami dapatkan adalah iPad 4 dengan WiFi dan LTE. Artinya di iPad ini ada slot kartu Micro SIM untuk mengakses layanan data. Tapi jaringan ini tidak bisa digunakan untuk menelepon lho…. Meski di Indonesia belum ada jaringan LTE, namun kita bisa memanfaatkan jalur GSM dan HSDPA yang sudah cukup mumpuni untuk browsing dan updating info via jejaring sosial.

Seperti biasa, meskipun mode koneksi sudah lengkap, iPad 4 tetap tidak bias diginakan untuk mengirimkan file via Bluetooth. Khas perangkat Apple.

Kesimpulan

iPad generasi keempat sepertinya diluncurkan guna mengejar ketertinggalan Apple terhadap produk-produk tabletAndroid. Dengan chipset anyar dan jalur data berkecepatan tinggi sekelas LTE, bisa jadi ini menjadi strategi yang cukup bagus. Tidak hanya itu perbaikan pada kinerja dan jalur data serta kualitas bahan baku menjadi hal positif yang bisa kita temukan di iPad 4.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama