Kerinci : Kapan e-KTP Akan Didistribusikan ?

ektp
KABARKITO - KERINCI – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Kerinci dalam waktu dekat ini akan mendistribusikan 85 Ribu E-KTP kepada masyarakat Kabupaten Kerinci.
Kabid Pendudukan Dukcapil Kabupaten Kerinci Marnus mengatakan, 85.860 E-KTP sudah siap didistribusikan kepada masyarakat Kerinci. Menurutnya saat ini dalam  proses persiapan pendistribusian, karena dalam pembagiannya kepada masyarakat perlu berita acara serah terima dan juga tanda terima.
“Dukcapil sudah menerima 85.860 EKTP  yang sudah jadi dan saat ini tinggal pembuatan berita acara serah terima E-KTP kepada masyarakat,” ujarnya.
Dikatakannya, dalam pendistirbusian E-KTP nanti tidak ada pungutan apapun dan semuanya diberikan secara gratis, karena sudah dibiayai oleh negara. Masyarakat diminta untuk tidak memberikan uang kepada petugas, apapun alasannya dalam proses pengambilan E-KTP nantinya di kantor Camat. “Kalau ada yang memungut uang, laporkan ke Dinas Dukcapil. Akan kita beri sanksi,” tegasnya.
Disebutkannya juga, tidak semua E-KTP sudah selesai dicetak. Dalam satu desa masih ada beberapa E-KTP yang belum siap dicetak, karena proses pencetakan dari pusat. “Kalau ada yang bertanya, kenapa ada yang belum, padahal perekaman sudah dilakukan. Itu karena masih ada yang dalam tahap pembuatannya,” ujarnya.
Diungkapkannya, saat ini masyarakat yang sudah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 148.626 orang atau sekitar 85  persen. “Dalam pelaksanaan perekaman ada yang batal, namun bukan berarti  gagal dan ini akan dilakukan perekaman ulang. Kasus seperti ini terjadi karena ada KK yang sama, prinsipnya satu KK satu data,” katanya.
Perekaman E-KTP pun masih dilakukan di Kecamatan bahkan di Desa, karena alat perekaman juga ada yang di Desa, “Ini merupakan pelayanan reguler sampai  1 Oktober 2013, kita akan lakukan penyisiran dengan datang kerumah bagi orang tua yang tidak bisa jalan atau karena sakit,” tandasnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama