Tips dan Triks Menghadapi PLPG



Kabar kito. Setelah lulus Uji Kompetensi Awal (UKA) peserta Sertifikasi Guru 2012 akan segera mengikuti PLPG di masing-masing KSG yang diselenggarakan oleh LPTK. Bagi rekan-rekan guru yang akan melaksanakan PLPG 2012 tentu ada rasa was-was, takut dan mungkin ada yang merasa stres tapi Kangguru yakin lebih banyak yang merasa Pede (Percaya Diri) tapi juga jangan merasa cuek, acuh atau masa bodoh, itu tidak baik pak guru.

Untuk menghadapi pelaksanaan PLPG tentu kita harus siap dan menyiapkan diri agar percaya diri (Pede). Tidak ada yang susah jika kita mau berusaha, tapi tidak boleh menganggap mudah hingga tidak ada usaha. Semuanya tergantung pada masing-masing pribadi kita, berusaha sejak dini lebih baik dari pada kita kelabakan setelah berada ditempat PLPG, jangan sampai menyesal dikemudian, cobalah “Berakit-rakit kehulu berenang-renang ketepian”.


Untuk mengantisipasi rasa was-was, rasa takut atau mungkin rasa stress sebelum berangkat ketempat tujuan, Kangguru mencoba memberi dorongan dengan beberapa Tip dan Trik Mengikuti PLPG Sertifikasi Guru, antara lain :

  1. Persiapkan pakaian secukupnya untuk selama 10 hari, pada waktu belajar dengan pakaian bebas, rapi dan sopan.; di luar belajar perkirakan saja sendiri.
  2. Persiapkan Ijazah asli yang sesuai dengan A1 dan Kir Dokter, Serta persiapkan alat-alat tulis secukupnya, antara lain : HVS-A4 dan HVS-F4 (bila menggunakan laptop dan printer), kertas dobel folio bergaris (jika ditulis tangan), pulpen, pensil 2B, serutan pensil, penggaris, steples, pisau cuter, lakban, dll.
  3. Tentukan materi pelajaran yang benar-benar anda kuasai dan buatlah sejak sekarang juga sebanyak 3 materi pelajaran, satu materi untuk workshop: Proposal PTK, Silabus. RPP, Materi Ajar, Bahan Ajar, Media Pembelajaran, LKS, Instrumen Penilaian. Jangan berubah materi selama workshop tersebut. Dan ditambah dua materi untuk Feer Teaching (Praktek Mengajar), dua kali feerteaching sebagai latihan dan feerteaching ketiga adalah ujian, jadi disiapkan 3 materi termasuk materi workshop dipakai juga materi feerteaching.Bagi saudaraku yang menggunakan laptop, jangan lupa bawa printer dan perlengkapan secukupnya. 
  4. Buatlah dan simpan pada laptop anda dari sekarang juga materi pelajaran seperti tersebut diatas tadi. Serta bawalah dan gunakan laptop selama mengikuti PLPG baik ketika pemberian materi PLPG maupun ketika worksop bahkan jadikanlah media pembelajaran ketika feerteaching. Membawa laptop sangat dianjurkan dan mendapat nilai plus.
  5. Bagi saudaraku yang menggunakan tulis tangan, tulislah dari sekarang juga materi plpg seperti tersebut diatas tadi untuk wokrkshop dan feerteaching agar ditempat PLPG nanti tinggal memperbaiki, bahkan mungkin hanya RPP yang perlu di edit, yang lainnya bisa tinggal pakai. Satu hal lagi yang perlu disiapkan dirumah yaitu LKS dan Lembar Soal masing-masing materi untuk feerteaching. Fotocopy lah sebelum berangkat, untuk masing-masing feerteaching LKS: 4 lembar dan Lembar Soal: 10 lembar. Ingat ditempat PLPG susah dan tidak ada waktu untuk memfotocopy serta berdesakan.
  6. Bacalah materi PLPG sejak dari sekarang untuk memudahkan anda ketika workshop dan Ujian Tulis (UTUL). Soal Utul adalah : 6 soal esay selam 50 menit dan 100 soal pilihan ganda selama 150 menit. Serta feerteaching selama 35 KBM dan 15 menit tanggapan dari tutor serta rekan total 50 menit tiap feerteaching. Materi PLPG 2011 Rayon 134.
  7. Percaya Dirilah (PD) dalam mengikuti PLPG, karena teman ditempat PLPG pun dan materi yang diberikanpun selevel dengan anda yaitu level guru SD. Jangan takut dengan jebakan tutor karena merekapun mengharap anda lulus semua seperti anda mengharap murid anda naik kelas atau lulus semua, pasti pada penilaian harian dibantu kecuali utul karena utul pakai LJK. Dan banyaklah bertanya dan memberikan tanggapan pada tutor karena semua kegiatan dikelas dinlai dan mendapat nilai. Untuk uraian lebih lanjut
Demikianlah Tujuh Tip dan Trik Mengikuti PLPG yang dapat Kangguru sampaikan, tentulah jauh dari sempurna dan pasti banyak kekurangan dan kesalahan dalam penyampaiannya, hanya kangguru berharap semoga dapat sedikit membantu dan memberikan informasi dalam persiapan melaksanakan PLPG rekan-rekan guru semua. Dan tak lupa kangguru memohon maaf atas sekala kealfaan dan kehilafan. Terima kasih wassalamu alaikum.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama